PERANCANGAN  APLIKASI  iJOIN  “iLearning Journal Information” MENGGUNAKAN XCODE

 

Untung Rahardja

Henderi 

Arwan

e-mail : untung@pribadiraharja.com, henderi@pribadiraharja.com, arwan11@sk.raharja.ac.id

 

 

ABSTRACT

 

Along with the development of science and technology are so fast and rapidly, and is supported by the important role of education in improving the quality and the quality of society for the better, all of that line with the vision of Education. The Government is aware of to support such things in the create your a new provision in education, especially for students / student. The Government issued a decree in 2012, as a condition of graduation the student / students who are taking graduate level studies, should result in a scientific journal. The provision is in creating in order to improve the quality and the quality of education in Indonesia. And to support this university Raharja which is one institution that specialized in computer science. Implementing a learning system ilearning, based 4B (Learn, Work, Play, and Pray) by using a new technology device iPad. System pembelajan ilearning this learning process requires the applications contained in the IPAD. And application support is not all there in the ipad, so it created one of the supporting applications, “iJoin” (ilearning journal information), as one of the applications that support the learning system ilearning. iJoin ipad is a useful application in the manufacture of the journal, in this application there is a tutorial in how to write journals and a collection of journals in the form of electronic books in several categories. iJoin can be made in writing guides and journals as reference material in a journal. With the creation of this iJoin application is expected to be a solution in improving the quality and the quality of education, as well as to enhance progress in the field of computer science and Information Technology (IT).

 

Key words: Education, iLearning, iJoin (ilearning Journal information)

 

 

ABSTRAKSI

 

Seiring dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang begitu cepat dan pesat, serta dengan didukung oleh pentingnya peran Pendidikan dalam meningkatkan kualitas dan mutu Masyarakat agar lebih baik, semua itu Sejalan dengan Visi Pendidikan Nasional. Maka Pemerintah menyadari untuk mendukung hal-hal tersebut di ciptakanlah suatu ketentuan baru dalam dunia pendidikan, khususnya bagi para mahasiswa/mahasiswi. Pemerintah mengeluarkan keputusan pada tahun 2012, Sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa/mahasiswi yang menempuh jenjang studi sarjana, harus menghasilkan sebuah jurnal ilmiah. Ketentuan tersebut di ciptakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di indonesia. Dan untuk mendukung hal tersebut Perguruan tinggi Raharja yang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bergerak di bidang ilmu komputer. Menerapkan system pembelajaran ilearning, berbasis 4B ( Belajar ,Bekerja, Bermain, dan Berdoa ) dengan menggunakan suatu device teknologi terbaru iPad. System pembelajan ilearning ini proses belajar mengajar membutuhkan aplikasi-aplikasi yang terdapat di ipad. Dan Aplikasi pendukung tersebut tidak semuanya terdapat di ipad, maka dari pada itu diciptakan suatu aplikasi pendukung, “iJoin” ( ilearning Journal information ), sebagai salah satu aplikasi yang mendukung system pembelajaran ilearning. iJoin ini adalah aplikasi ipad yang bermanfaat dalam pembuatan jurnal, di dalam aplikasi ini terdapat tutorial cara penulisan jurnal dan kumpulan jurnal-jurnal berbentuk buku elektronik dalam beberapa kategori. iJoin ini dapat di jadikan panduan penulisan jurnal dan sebagai bahan referensi dalam membuat jurnal. Dengan diciptakannya aplikasi iJoin ini di harapkan dapat menjadi sebuah solusi dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan, serta dapat meningkatkan kemajuan di bidang Ilmu komputer dan Informasi Teknologi (IT).

Kata kunci  : Pendidikan, iLearning, iJoin ( ilearning Journal information )

 

PENDAHULUAN

 

    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan menjadi hal yang wajar dalam Transformasi kehidupan, semakin bertambahnya penemuan – penemuan dan semakin banyaknya teknologi baru yang di ciptakan mendorong manusia untuk bersaing dalam dunia dunia bisnis. Hal itu menuntut manusia harus mempunyai ilmu pengetahuan yang lebih agar dapat bersaing dalam dunia internasional. Perguruan tinggi Raharja sebagai salah satu instansi pendidikan dalam Bidang ilmu komputer selalu menciptakan suatu penemuan baru dalam bidang IT ( Information Teknologi ) dan pendidikan. Salah satu penemuan yang di ciptakan Perguruan Tinggi Raharja adalah system pembelajaran “iLearning“. Dimana system pembelajaran ilearning ini adalah sistem pembelajaran yang modern, inovatif, dan fleksibel, sistem pembelajaran yang mengoptimalkan kinerja otak, karena berbasis 4B (Belajar, Bekerja, Bermain, dan Berdoa), menggunakan suatu device teknologi terbaru yaitu ipad. Dengan menggunakan system pembelajaran ini mahasiswa/mahasiswi bisa melakukan aktifitas belajar dimana saja, kapan saja, dan lebih fun. Dengan system pembelajaran ilearning ini mahasiswa dapat mengoptimalkan kinerja otak, baik otak kanan maupun otak kiri, ingatan, kecerdasan dan kreatifitas bekerja dalam satu waktu. Dengan menggunakan system pembelajaran ilearning semua aktifitas perkuliahan dijalankan dengan menggunakan ipad. Aplikasi-aplikasi yang terdapat di ipad digunakan secara optimal dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan tulisan sebelumnya yang di kemukakan oleh Untung Rahardja ilearning adalah sistem pembelajaran modern dan terbaru dalam dunia pendidikan yang berbasis 4B (Belajar, Bekerja, Bermain, Dan Berdoa) dan dapat di implementasikan sebagai infrastruktur 4B ilearning, seperti gambar di bawah ini.

 

                           Gambar 1.1. Infrastruktur 4B (empat) pilar ilearning

     Gambar Insfrastruktur diatas menjelaskan 4B (empat) pilar system pembelajaran ilearning yang di terapkan perguruan tinggi raharja, yang saling berhubungan dan berkaitan satu sama lain sehingga membentuk suatu bangunan ilearning. ilearning inilah yang dapat di jadikan inovasi baru dalam dunia ilmu pengetahuan dan pendidikan, sebagai system pembelajaran yang diterapkan Perguruan Tinggi Raharja sekarang ini.

  Dengan menggunakan system pembelajaran ilearning proses belajar mengajar tidak memerlukan alat-alat tulis karena dalam system pembelajaran ilearning memanfaatkan aplikasi ipad secara optimal, dan di dalam ipad sudah terdapat aplikasi-aplikasi untuk proses belajar-mengajar seperti pages, keynote, numbers, inclass, notes dan lain-lain. Dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut dapat mempermudah proses belajar-mengajar sehingga tidak memerlukan alat-alat tulis. Namun demikian masih banyak aplikasi-aplikasi yang tidak ada, untuk mendukung proses belajar-mengajar. Maka untuk itu di perlukan aplikasi-aplikasi tambahan untuk mendukung system pembelajaran ilearning. karena jurnal sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa. Adakah aplikasi yang dapat mempermudahkan penulisan jurnal ilmiah ?

PERMASALAHAN

 

       Melihat dari sistem pembelajaran ilearning yang di terapkan Perguruan Tinggi Raharja, Pada sistem pembelajaran ilearning semua aktivitas perkuliahan dilakukan menggunakan ipad, sehingga aplikasi-aplikasi yang terdapat di ipad harus mendukung aktivitas perkuliahan. salah satu aspek pendukung dalam aktivitas akademik adalah unsur karya penelitian-penelitian secara ilmiah yang di hasilkan oleh pihak akademisi ( dosen dan mahasiswa ) yang di olah menjadi suatu karya tulis ilmiah ( jurnal ilmiah) yang dijadikan dokumentasi penelitian. Dengan sistem pembelajaran ilearning yang di terapkan Perguruan Tinggi Raharja menunutut adanya inovasi baru yang di ciptakan oleh Perguruan Tinggi Raharja dalam aplikasi yang sebelumnya belum pernah ada. Karena sistem pembelajaran ilearning membutuhkan suatu aplikasi ipad yang dapat mempermudah dalam mencari kumpulan – kumpulan jurnal dan mempermudah dalam penulisan jurnal. Serta berdasarkan sistem yang sudah di ciptakan sebelumnya yaitu OJS ( Online Journal System ) yang menggunakan WEB dalam pengoprasiannya tidak efektif dan efisien untuk digunakan dalam sistem pembelajaran yang di terapkan sekarang ini, sistem tersebut hanya dapat digunakan dalam pengelolahan jurnal-jurnal secara online dan masih manualisasi. Dalam perkembangan zaman yang begitu cepat dan pesat di perlukannya suatu inovasi baru yang dapat memudahkan segala kegiatan. Perguruan Tinggi Raharja sebagai salah satu instasi pendidikan yang bergerak di bidang ilmu komputer, yang selalu berinovasi dalam perkembangan dalam dunia Informasi Teknologi (IT), menerapkan sistem pembelajaran ilearning dimana sistem pembelajaran ilearning ini sistem pembelajaran menggunakan suatu perangkat teknologi ipad, sehingga dalam sistem pembelajarannya tersebut mengoptimalkan  penggunaan aplikasi-aplikasi ipad, dan untuk mengoptimalkan sistem pembelajaran ilearning yang di terapkan, Perguruan Tinggi Raharja harus menciptakan suatu aplikasi-aplikasi pendukung baru yang belum ada sebelumnya di ipad dan di appstrore, dan salah satu aplikasi pendukung tersebut adalah aplikasi yang berguna untuk penulisan jurnal ilmiah, karena sebagai mahasiswa atau dosen harus menuntut banyak penelitian-penelitian. Dan pada tahun 2012 pemerintah menegeluarkan ketentuan, sebagai syarat kelulusan mahasiswa harus dapat menghasilkan jurnal ilmiah. Alasan-alasan inilah yang menuntut kita harus berinovasi dan kreatif dalam menciptakan suatu sistem/aplikasi yang berguna untuk pendidikan. Terutama dalam sistem pembelajaran ilearning yang diterapkan Perguruan Tinggi Raharja.

LITELATURE REVIEW

 

        Sebelumnya telah ada penelitian-penelitian berkenaan dengan Literature Review mengenai konsep pengelolahan jurnal-jurnal ilmiah, dan dalam pembuatan aplikasi iJoin ( ilearning Jurnal Information ) membutuhkan studi pustaka sebagai salah satu metode penelitian yang akan digunakan. Diantaranya untuk mengidentifikasi kesenjamgan (identity gaps), menghindari pembuatan ulang (reinventing the well), mengidentifikasi metode yang pernah dilakukan, mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan konsep pengelolahan jurnal yang ada, mengembangkan konsep-konsep yang telah ada tersebut menjadi konsep baru yang lebih inovatif, serta dapat mengetahui orang lain yang area spesialisasinya penelitiannya di bidang ini. Beberapa Literature Review tersebut adalah sebagai berikut:

1.Cambrigde Journals, pengelolahan jurnal online cambrigde university. Jurnal ini merupakan sarana publikasi hasil penelitian dalam segala bidang IPTEKS baik nutrisi, astronomi, dan lain-lain yang dilakukan civitas akademika cambrigde university, dengan keamanan yang baik dan sebagai sarana pemasaran jual-beli paper jurnal internasional secara online. In line with commitment of cambrigde university press to advance learning, knowledge and research worldwide, the press currenly publishes over 300 peer-reviewed academic journal for the global market. Containing the latest research from a broad sweep of subject areas, ca,brigde journal are accessible worldwide in print and online.( http://journal.cambrigde.org/action/displayjournal?jid=IJA) about us.

2.iJOE ( International Journal of Online Engineering), The objective of the journal is to publish and discuss fudamentals, applications and experiences in the field of remote engineering, virtual instrumentation and online simulations. The us and virtual and remote controller devices and remote laboratories is one of the future trend developments for advance teleworking/e-working environments. Online engineering is the future trend in engineering and science. It covers working directions such as remote engineering, virtual instrumentation, simulation techniques and others.keamanan dari iJOE cukup baik, dengan mengharuskan login, Untuk melihat jurnal-jurnal yang ada.( http://www.online-journal.org/i-joe/ )

3.Wiley Online Library host the world’s broadest and deepest multidiscliplinary collection of online resources covering life, health and phisicals sciences, social science, and the humanities. It delivers seamless intregated acces to over 4million articles from 1500 journals, almost 10,000 online books, and hundreds of reference works, laboratory protocols and database.contoh jurnal yang ada di wiley online library adalah International Journal of Cancer, terbit 3 kali setahun setiap bulan may, juni, dan juli. ( http://onlinelibrary.wiley.com/journal/10.1002/(ISSN)1097-0215)

4.IAENG International Journal of Computer Science, terbit setiap bulan februari, may, agustus, dan november. IAENG International Journal of Computer Science is published with both online and print versions. The journal covers the frontier issues in the computer science. Printed copies of the journal are distributed to accredited universities and goverment libraries. All the papers in the journal are also avaliable freely with online full-text content and permanent worldwide web link. The abstracts will be indexted and avaliable at major academic databases.( http://www.iaeng.org/IJCS/index.html)

 

5.Proceeding ITB, jurnal ilmiah resmi ITB , telah diterbitkan sejak tahun 1961.jurnal ini merupakan sarana publikasi hasil penelitian dalammbidang IPTEKS yang dilakukan oleh civitas akademika ITB dan oleh kontributor  dari luar ITB. Sejak edisi 2007 [volume 39], proceeding ITB mengubah namanya menjadi ITB journal dan mengeluarkan 4 seri, yaitu:

6.ITB Journal of Science terbit dua kali setahun pada bulan maret dan september. Naskah ditulis dalam bahasa Inggris. ISSN:1978-3043.

7.ITB Journal of  Engineeing Science terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Naskah ditulis dalam bahasa Inggris. ISSN: 1978-3051.

8.ITB Journal  of Information and Communication Technology terbit dua kali setahun pada bulan  Mei dan November. Naskah ditulis dalam bahasa Inggris. ISSN: 1978-3086.

9.ITB Journal of Visual Art and Design terbit tiga kali setahun pada bulan Maret, Agustus, dan Desember. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia. ISSN: 1978-3078.

10.http://www.jurnal.lipi.go.id/ Terhitung sejak 1 januari 2004, situs ini dikelola secara resmi oleh LIPI sebagai pengembangan sarana sejenis yang telah dikembangkan dengan berhasil oleh komunitas Fisika Indonesia di fisik@net. Dengan pengembangan ini, sarana ini bisa di manfaatkan secara lebih optimal oleh seluruh komunitas ilmiah di Indonesia dan manca negara. Sarana ini memanfaatkan memanfaatkan infrastruktur yang disediakan oleh LIPI untuk repositori  data ilmiah lokal dan global di ARSIP LIPI.

      Dari sepuluh Literature  Review yang ada, telah banyak penelitian mengenai pengembangan sistem untuk pengelolahan jurnal elektronik. Untuk penelitian terkait dari segi keamanan dan  fasilitas dari sistem-sistem yang ada sudah cukup baik di lakukan peneliti atau intansi-instansi di atas. Namun demikian dapat disimpulkan secara keseluruhan dari pengelolahan sistem yang ada, belum ada penelitian yang terkait dengan pembuatan aplikasi ipad yang berguna untuk membuat dan memasukan jurnal-jurnal yang ada baik dalam bentuk epub atau pdf. Seperti aplikasi ibooks pada ipad yang sudah ada.

PEMECAHAN MASALAH

 

       Sebagai institusi pendidikan di bidang ilmu komputer, salah satu aspek yang mendukung adalah unsur karya atau penelitian-penelitian secara ilmiah, yang di hasilkan oleh seluruh civitas akademika baik dosen ataupun mahasiswa, yang diolah menjadi sebuah karya tulis ilmiah dalam bentuk ( jurnal ilmiah ) dan di dokumentasikan pada sebuah sistem pendokumentasian untuk sebuah penelitian. Dan untuk mempermudah pendokumentasikan diperlukan suatu sistem yang baru yang inovatif dan fleksibel dalam mendokumentasikan karya-karya tulis ilmiah ( jurnal ilmiah ). Dimana dengan sistem ini kita dapat mencari dan menempatkan karya-karya tulis ilmiah dalam sebuah rak buku kumpulan jurnal, di dalam sistem ini pun terdapat tutorial cara penulian jurnal atau karya tulis ilmiah yang baik dan benar. Setelah menempatkan jurnal dalam rak buku jurnal kita dapat melihat jurnal-jurnal tersebut tidak perlu online, kita bisa membaca jurnal-jurnal yang ada baik itu dari download atau jurnal-jurnal yang di buat kampus. Pembuatan sistem ini menggunakan xcode yang nantinya akan menjadi sebuah aplikasi ipad, sebagai media pendukung metode pembelajaran ilearning, yang di terapkan oleh Perguruan Tinggi Raharja. Dengan aplikasi ini proses pembuatan jurnal dan pendokumentasian jurnal dapat lebih efisien, dapat mengurangi biaya administrasi seperti, pencetakan dan dapat mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan, sehingga dapat menggurangi dampak pemanasan global. Aplikasi ini juga sebagai suatu inovasi baru dalam dunia pendidikan, aplikasi ini dibuat untuk meningkatkan kualitas masyarakat ilmiah. Dengan adanya aplikasi ini di harapkan dapat mempermudah penerbitan jurnal-jurnal yang di tulis, dapat menghemat biaya administratif suatu instansi yang terkait. Dalam sistem/metode pembelajaran ilearning yang diterapkan Perguruan Tinggi Raharja diperlukan suatu aplikasi yang mendukung dalam lingkungan akademik dengan adanya unsur karya atau penelitian secara ilmiah yang di hasilkan oleh kalangan akademisi ( dosen dan mahasiswa ) yang diolah menjadi sebuah karya tulis ( jurnal ilmiah ) dan di dokumentasikan menjadi sebuah buku Jurnal CCIT elektronik dengan format epub dan di masukan dalam aplikasi iJOIN, menjadi sebuah buku Jurnal CCIT elektronik Perguruan Tinggi Raharja yang dapat dilihat dan di baca dimana saja, kapan saja menggunakan ipad, dan  tidak memerlukan online.

IMPLEMENTASI

 

Untuk dapat membuat rancangan aplikasi iJOIN yang ingin di buat, membutuhkan blueprint, dimana blueprint ini adalah suatu aplikasi ipad yang dapat digunakan sebagai sarana untuk membuat suatu rancangan aplikasi yang akan di buat di xcode, berikut adalah tampilan rancangan aplikasi iJOIN yang di buat di blueprint:

Gambar1.2. Blueprint Rancangan aplikasi iJOIN

Untuk dapat mengakses ke dalam tampilan menu utama aplikasi iJOIN harus mempunyai ipad, dan di sync ( di masukan ) aplikasi iJOIN ke dalam ipad. Setelah masuk pada ipad lalu di tab aplikasi tersebut dan akan keluar tampilan sebagai berikut:

 

 

 

       Gambar 1.3. Tampilan awal aplikasi iJOIN

Gambar di atas merupakan gambar tampilan awal aplikasi ijoin, pada tampilan awal terdapat beberapa tombol yang dapat digunakan. tombol cancel pada tampilan di gunakan untuk mengembalikan tampilan kembali ke dalam icon aplikasi, tombol next digunakan untuk melanjutkan ketampilan selanjutnya, dan tombol bergambar kaca pembesar untuk mencari (search) tutorial atau jurnal yang kita inginkan secara cepat.

Gambar 1.4. Tampilan menu utama aplikasi iJOIN

Di dalam tampilan menu utama terdapat beberapa tombol-tombol button yang dapat digunakan, seperti pedoman penulisan, Library Journal, dan Cancel. Tombol pedoman penulisan di gunakan untuk menampilkan pedoman penulisan jurnal, tombol library jurnal untuk menampilkan library journal ( rak buku jurnal ), dan tombol Cancel digunakan untuk kembali ke tampilan awal aplikasi.

Gambar 1.5 tampilan tutorial pedoman penulisan jurnal

Gambar di atas adalah rancangan gambar tutorial pedoman penulisan jurnal, pada tampilan tutorial pedoman penulisan jurnal terdapat pula beberapa tombol yang dapat di fungsikan, seperti tombol i sebagai tombol untuk info, dan tombol done untuk menyelesaikan dan kembali ke tampilan menu utama.

 

Gambar 1.6 tampilan rak buku jurnal

Gambar diatas menggambarkan rancangan tampilan rak buku jurnal-jurnal yang akan di buat atau di download, pada tampilan rak buku terdapat beberapa tombolyang dapat digunakan seperti tombol cancel, delete, done, dan search. Tombol delete di gunakan untuk delete journal yang kita tidak perlukan menggunakan, dan search di gunakan untuk mencari jurnal secara cepat.

KESIMPULAN

 

Berdasarkan dari hasil analisa dan studi kasus yang telah dilakukan maka perancangan aplikasi iJOIN ini memang sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan khususnya pada Perguruan Tinggi Raharja sebagai salah satu instansi pendidikan di bidang ilmu komputer, yang menerapkan sistem/metode pembelajaran ilearning. Dimana semua aktifitas perkuliahan dilakukan menggunakan ipad, sehingga sangat diperlukannya aplikasi ipad yang menyangkut cara pendokumentasian karya tulis atau penelitian-penelitian yang dilakukan yang kemudian dijadikan karya ilmiah ( jurnal ilmiah), sehingga di buatlah rancangan aplikasi iJOIN ( iLearning Journal Information ) sebagai salah satu media pendukung dalam penempatan jurnal-jurnal yang telah di buat dan sebagai media untuk membantu penulisan jurnal ilmiah. Serta dengan adanya aplikasi ini di harapkan dapat mengurangi pemakaian kertas untuk pencetakan dokumen, dan mengurangi biaya administratif pengelolahan jurnal. Karena aplikasi ini dapat dijalankan tidak secara online, sehingga kita dapat melihat,dan membaca jurnal-jurnal yang ada dimana saja dan kapan saja tidak hanya pada area kamps raharja. sesuai dengan prinsip 4B ilearning ( Belajar, Bekerja, Bermain, dan Berdoa) dimana saja dan kapan saja.

DAFTAR PUSTAKA

 

  1.        Untung Rahardja, Augury El Rayeb, Heriyanto.(2010). Pengelolahan Jurnal Elektronik Dengan Online Jurnal System.i CCIT  Journal vol.4 No.2- Januari 2011.
  2.      Yanti, Untung Rahardja, Tri Purwaningsih. (2010).Penerapan Metode Simplify Retur Dalam Sistem Informasi Keuangan Berbasis WEB.i CCIT Journal vol.4 No.2-Januari 2011.
  3.  Pengelolahan jurnal ilmiah online oleh komunitas ilmiah di Indonesia dan Mancanegara. http:// www.jurnal.lipi.go.id/
  4. Willinsky,J.(2005).Open Journal System: An example of open source software for journal management and publishing. Library Hi-Tech 23(4),504-519.
  5. ITB Journal of Science terbit dua kali setahun pada bulan Maret dan September. Naskah ditulis dalam bahasa Inggris. ISSN: 1978-3043. Diakses pada tanggal 29 April 2012
  6. ITB Journal of Engineering Science terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. Naskah ditulis dalam bahasa inggris. ISSN:1978-3051.di akses pada tanggal 29 April 2012
  7. ITB Journal of Information and Communication Technology. Terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan Desember. Naskah di tulis dalam bahasa Inggris.ISSN:1978-3086, di akses pada tanggal 29 April 2012.
  8. ITB Journal of Visual Art and Design terbit tiga kali setahun pada bulan Maret, Agustus, dan Desember. Naskah ditulis dengan bahasa Indonesia.ISSN:1978-3078. Di akses pada tanggal 29 April 2012.
  9.  iJOE ( International Journal of Online Engineering). http://www.online-journal.org/i-joe/. Diakses pada tanggal 29 April 2012.
  10.  Cambrigde Journals, pengelolahan jurnal online cambrigde university. http://journal.cambrigde.org/action/displayjournal?jid=IJA. Diakses pada tanggal 29 April 2012.
  11. Wiley Online Library, pengelolahan artikel, buku, dan jurnal online. http://onlinelibrary.wiley.com/journal/10.1002/(ISSN)1097-0215. Di akses pada tanggal 29 April 2012.
  12.   IAENG International Journal of Computer Science, terbit 4 kali setahun setiap bulan Februari, May, Agustus, dan November. http://www.iaeng.org/IJCS/index.html. Di akses pada tanggal 29 April 2012.