PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA


 

 

USAHA “BAKSO AYAM AMC “

(Aku Makin Cinta ) RAHARJA MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE

 

BIDANG KEGIATAN

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA KEWIRAUSAHAAN

 

 

 

 

Diusulkan oleh :

                                                                                    Arwan                           (1133466984/2011)

 

 

 


SEKOLAH TINGGI ILMU KOMPUTER RAHARJA

 

Jl. jendral sudirman No. 40 , Modern Cikokol – Tangerang, Banten 15117

Phone : (021) 5529692 – 5529586

Fax : (021) 5529742

2012

HALAMAN PENGESAHAN

USUL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

 

 

1.   Judul kegiatan                        :  USAHA “BAKSO AYAM AMC” (Aku Makin Cinta)

RAHARJA  MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE

2.   Bidang kegiatan                      : PKM Kewirausahaan

3.   Bidang ilmu                             : kewirausahaan

4.   Pelaksana kegiatan

a.  Nama Lengkap             :  Arwan

b.  NIM                               :  1133466984

c.  Jurusan                         :  Sistem Komputer

d.  Perguruan Tinggi          :  STMIK RAHARJA

e.  Alamat Rumah              :  Jl.Insinyur Sutami No.34 Mauk Timur ,Tangerang

15530

f.  No Telp/HP                   :   083897803244

g.  Email                            :   Valentinoarwan94@gmail.com

5.  Dosen pendamping

a.  Nama Lengkap             :   Asep saefullah

b.  NIP                               :   056007

c.  Alamat Rumah              :   Jl. Halmahera III no. 15 Cimone Mas permai 1

Tangerang

d.  No Telp/HP                   :   08159469798

6.  Biaya kegiatan Total

a.  Sumber Dikti                : Rp. 9.204.000,-

b.  Sumber Lain                : –

7.  Jangka Waktu Pelaksanaan   : 4 bulan

Tangerang, 24 Oktober 2012

Menyetujui / Program studi /                                                             Pelaksana Kegiatan

Pembimbing Unit Kegiatan Mahasiswa

(Sugeng Santoso, M.Kom)                                                                      (Arwan)_____            

NIP :006095                                                                                     NIM : 1133466984

Pembantu Atau Wakil Rektor Bidang                                               Dosen Pendamping

Kemahasiswaan




(AsepSaefullah,S.Pd)                                                (AsepSaefullah, S.Pd)

NIP:056007                                                               NIP:056007

1) JUDUL KEGIATAN :

USAHA ” BAKSO AYAM AMC ” (Aku Makin Cinta ) RAHARJA MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE

 

2)   LATAR BELAKANG MASALAH

          

           

Kebutuhan masyarakat akan konsumsi yang semakin meningkat dan dengan di dukungnya oleh globalisasi membuat manusia harus bersaing dan berkreativitas dalam menciptakan suatu penemuan baru yang dapat di terima dalam masyarakat, penemuan-penemuan itu harus menarik dan dapat membuat masyarakat menerima dan menyukai suatu penemuan itu . dampak dari globalisasi menimbulkan persaingan di dunia perdagangan serta bertambah banyaknya pedagang- pedagang yang menjajakan produk-produknya , hanya produk-produk yang berkualitas dan efisien yang mampu menarik konsumen untuk membelinya, karena hal ini kita dituntut harus kreatif dalam menciptakan suatu produk yang berkualitas dan efisien yang terjangkau oleh setiap kalangan baik dari kalangan atas sampai kalangan bawah mampu mendapatkannya .semestinya kita harus pintar-pintar dalam bersaing dalam dunia perdagangan ini ,seperti membuat produk yang berkualitas , kita harus memperhatikan hal-hal seperti keuntungan dan kerugian yang harus kita taksir .sekarang ini banyak bermunculan berbagai produk-produk berkualiatas yang terjangkau yang dijual di pasaran, dan banyak berbagai macam makanan- makanan yang enak dengan harga yang efisien, namun jika produk- produk dan makanan-makanan yang di jual hanya itu- itu saja membuat konsumen bosen, sehingga kita harus kreatif menciptakan sesuatu produk/ makanan yang unik yang belum pernah ada sebelumnya dan dengan harga yang sangat ekonomis agar menjadi sesuatu yang baru dan dapat dirasakan oleh setiap kalangan.

Pembangunan akan lebih berhasil jika di tunjang oleh wirausahawan .wirausaha merupakan potensi pembangunan ,baik dalam jumlah maupun dalam mutu wirausaha itu sendiri. (Buchari Alma,2005:1)

Sesuai dengan penelitian,dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin berkembang, sekarang ini media online sudah banyak digunakan untuk menjual atau mempromosikan barang-barang dagangan dan produk-produknya. Dengan berkembangnya teknologi ini membuat kita lebih mudah dalam berbagai hal seperti memasarkan barang pun tidak harus repot-repot mengunjungi setiap orang . hanya mengupload foto atau gambar dan memberikan penjelasan kita sudah isa memperkenalkan/ mempromosikan barang – barang dagangan, seperti menggunakan media sosial facebook. Karena sesuai dengan penelitian setiap harinya penggunaan media sosial ini tidak pernah sepi pengunjung dan bahkan bertambah sehingga sangat baik jka digunakan untuk mempromosikan barang – barang dagangan.

PERSENTASE PENGGUNA INTERNET

           Oleh karena itu , dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut kami mempunyai solusi untuk menciptakan suatu jenis makanan yang mungkin belum pernah di temukan dan di dengar sebelumnya .dan kami akan mencoba untuk membuat suatu jenis makanan yang Pemasarannya terdengar unik yaitu USAHA”BAKSO AYAM AMC” (Aku Makin Cinta) RAHARJA MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE ,bakso ini adalah bakso yang di buat dari daging ayam pilihan yang di buat sendiri langsung oleh tangan yang terampil,dengan cita rasa yang berkualitas dan tentunya dengan harga yang ekonomis. Dan jika bakso pada umumnya di buat dari daging sapi , dan sekarang pun sudah ada jenis- jenis bakso yang lain seperti bakso ikan , bakso udang , bakso jamur dsb namun belum kita dengar dan lihat bakso ayam , jadi untuk menambahkan jenis- jenis bakso yang sudah ada kami mencoba membuat dan menjual bakso ayam ini,untuk menarik perhatian konsumen agar tertarik pada penemuan kami ini kami menggunakan media online untuk pemasaranya.sehingga dengan ini kami akan mendapatkan keuntungan yang besar dan dapat membantu keuangan kami.

3) PERUMUSAN MASALAH

  1.  Apakah Usaha ” BAKSO AYAM AMC ” (Aku Makin Cinta) RAHARJA MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE Merupakan Usaha Yang Menguntungkan.
  2.   Kapan  Usaha Menjual dan Membuat ” BAKSO AYAM AMC ” Mencapai titik impas, dan mencapai kesusksesan.
  3.   Bagaimana Cara Pemasaran Usaha Membuat dan Menjual ” BAKSO AYAM AMC “.

4) TUJUAN PROGRAM

Adapun tujuan program kewirausahasn ini adalah :

  1.   Memperkenalkan kepada masyarakat jenis makanan baru yang berkualiatas dengan harga yang ekonomis dan terjangkau.
  2.   Sebagai sebuah usaha sederhana yang menguntungkan , serta mampu bersaing di dunia perdagangan.
  3.  Dapat membantu Orang tua untuk membayar uang kuliah serta untuk mencukupi kebutuhan individu masing-masing peserta.
  4.  Sebagai lahan eksperimen berbisnis di tengah banyaknya pengangguran berizajah yang ada di negeri ini.

5)  LUARAN YANG DI HARAPKAN

Dari kegiatan kewirausahaan ini  diharapkan:

  1.   Memotivasi mahasiswa untuk menjadi seorang yang memiliki keinginan untuk maju dan berkembang serta dapat berkembang serta dapat bermanfaat di kalangan masyarakat.
  2.   Mejadikan usaha makanan ini berkelanjutan setelah selesai ,karena melihat kebutuhan masyarakat akan konsumsi yang meningkat dan ketertarikan masyarakat akan  makanan yang baru sehingga tidak bosan untuk mencoba makanan yang itu-itu saja.
  3.  Setiap bulan atau tahun dapat menciptakan suatu penemuan baru, dan jenis makanan baru untuk masyarakat.

6) KEGUNAAN PROGRAM

Kegunaan program kewirausahaan

10. Agar masyarakat tidak bosan dengan makanan-makanan yang sudah ada.

  1. 11.  Menumbuhkan jiwa kreatif dan inovatif di kalangan mahasiswa RAHARJA  sehingga di harapkan program ini menjadi sarana pembelajaran serta menambahkan pengalaman wirausaha agar tidak canggung ketika berada di dunia kerja.

12. Menumbuhkan sikap dan perilaku yang bertanggung jawab atas usaha yang dimiliki.

13. Sebagai aplikasi dari visi dan misi kampus RAHARJA.

7) GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

   BAKSO AYAM AMC” merupakan usaha bisnis dalam dunia perdagangan yang bertujuan untuk menciptakan suatu produk/ jenis makanan baru yang dapat menarik perhatian konsumen untuk memebeli, karena makanan ini mempunyai rasa yang berkualitas dan di jual dengan harga yang ekonomis , sehingga berbagai kalangan dapat membelinya.

” BAKSO AYAM AMC ” adalah jenis makanan Bakso yang terbuat dari daging ayam pilihan , dan di buat secara langsung oleh tangan-tangan yang terampil dalam membuat Bakso. Selain itu juga Bakso ini dibuat dengan bumbu-bumbu tradisonal dan alami. sehingga aman untuk dikonsumsi, harga yang di berikanpun terjangkau dan ekonomis untuk setiap kalangan.

Melihat dari prospek usaha “BAKSO AYAM AMC” sangat berpotensi untuk menjadi usaha sampingan mahasiswa , karena waktu kerja yang tidak menghalangi proses belajar, selain tugasnya untuk mencari ilmu bukan hanya mencari keuntungan, tetapi pengalaman atau experience yang memang jika tidak di asah selama masih kuliah akan tumpul. Sebagai bisnis pioner di masyarakat “BAKSO AYAM AMC ” yakin mampu bersaing dalam dunia perdangan makanan .

Bagan saluran  pemasaran Usaha Membuat dan Menjual ” BAKSO AYAM AMC”

 

Kelebihan bisnis ini adalah dapat memanfaatkan kemajuan iptek seperti teknologi komputer ( internet ). Untuk mempromosikan produknya secara online. Internet adalah sarana komunikasi virtual melaui dunia maya yang mencakup seluruh dunia. Di internet kita bisa mencari teman atau menjual produk- produk secara online dan banyak lagi yang bisa gunakan melalui internet. penggunaan jasa intetnet ini di maksudkan agar produk kami dapat di kenal secara luas bahkan sampai luar negeri, selain itu juga produk ini di promosikan secara manual dari mulut ke mulut atau melaui spanduk agar masyarakat di sekitarnya mengetahui atau stiker yang di tempel di tempat-tempat yang di perbolehkan dan strategis untuk suatu pengumuman. Dan yang paling penting dari suatu bisnis ini adalah untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dan membuat masyarakat tidak kecewa dengan makanan yang kami jual.

Kegiatau usaha Membuat dan menjual ” BAKSO AYAM AMC” waktu operasinya Setiap hari dari jam 06.00-15.00 WIB. Dan bakso dijual dengan harga Rp.7.000/mangkuk ,Jika dalam sehari pembeli 50-100 orang dengan keuntungan setiap orangnya Rp.3.000-Rp.3.500. Usaha ” BAKSO AYAM AMC” menargetkan seharinya penjualan mendapatkan Omset Rp.150.000

8) METODE PENDEKATAN

Kegiatan di mulai dari melihat fenomena yang ada mengenai kondisi masyarakat yang bosen dengan jenis- jenis makanan yang hanya itu- itu saja. Dan untuk itu di butuhkan sebuah penemuan baru yang fresh untuk di perkenalkan. Dengan hal ini penulis memilih ide untuk membuka usaha.dilanjutkan dengan penelusuran usaha sejenis melalui internet serta buku- buku dan referensi mengenai pembuatan usaha kewirausahaan yang kreatif dan inovatif untuk saat ini sangat di butuhkan.

Setiap usaha yang baru  mulai memerlukan ketepatan-ketepatan dalam pengambilan keputusan. Jika tidak maka kegagalan akan muncul dalam usahanya. Ketepatan tersebut dapat diperoleh melalui pendekatan yang sesuai salah satunya adalah analisis SWOT.

Analisis SWOT adalah mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. SWOT adalah kependekan dari Strength, Weakless, Opportunities , dan Threats. Adapun penjabarannya sebagai berikut :

Strength adalah kekuatan dalam bisnis penjualan ”  BAKSO AYAM AMC”

  1. .  Konsumen dapat menikmati makanan baru sehingga tidak bosan
  2.  Menggunkan pemasaran yang menarik dan inovatif dalam mencoba sebuah bisnis baru seperti menggunakan media internet online ,stiker pengganti leaflet.

Weakless artinya kelemahan dalam bisnis penjualan “BAKSO AYAM AMC”

  1. .  Merupakan usaha baru yang perlu di evaluasi dan di perbaharui
  2.   Tidak dapat memesan via online karna kwartir jika yang memesannya berbeda daerah atau negara sehingga ongkosnya lebih besar

Opportunities artinya peluang dalam bisnis penjualan ” BAKSO AYAM AMC”

  1.  Karena jenis- jenis baso yang di jual di pasaran hanya itu-itu saja
  2.  Semakin bertambahnya kebutuhan komsumsi manusia untuk konsumsi yang terjangkau dan ekonomis
  3.  Bisa berkembang menjadi rumah makan sederhana atau menjadi saung bakso yang menjual berbagai jenis bakso serta minuman – minuman segarnya.

Threats artinya hambatan dalam jasa penjualan ” BAKSO AYAM AMC”

  1.  Harga ayam yang terkadang naik membuat harga bakso menjadi tidak tentu
  2.  Sulitnya mencari daging ayam yang berkualitas

9) JADWAL KEGIATAN PROGRAM

No Nama kegiatan Kegiatan Bulan

Ke-1

Ke-2

Ke-3

Ke-4

1 Riset pasar

X

2 Promosi

X

X

X

3 Penjualan bakso

X

X

X

4 Evaluasi

X

10) NAMA DAN BIODATA PESERTA

      1.   Pelaksana kegiatan

a.   Nama Lengkap               :  Arwan

b.   Perguruan tinggi             :  RAHARJA

c.   NIM                                :  1133466984

d.   Jurusan / konsentrasi      :  Sistem Komputer / CCIT

e.   Waktu untuk kegiatan     :  12 jam / minggu

11) NAMA DAN BIODATA DOSEN PENDAMPING

1. Nama Lengkap             :  Asep Saefullah

2. NIP                               :  056007

3. Golongan Pangkat       :   III C

4.Jabatan Fungsional       :   Lektor

5.Jabatan Strukural          :   PK/PD III

6.Fakultas                        :   STMIK Raharja / Sistem komputer

7.Perguruan Tinggi          :   RAHARJA

8.Bidang Keahlian           :   Komputer

9.Waktu untuk kegiatan   :   4 jam/ minggu

12) RINCIAN BIAYA :

  1. Biaya pemasaran ( promosi )
  2.  Pembuatan spanduk               2 spanduk @ Rp.100.000         = Rp.  200.000
  3.  Pembuatan stiker                 2000 lembar @ Rp.1000                = Rp.2.000.000
  4.  Biaya sewa warnet (via online)    4 jam @ Rp.3000                 = Rp.     12.000  +

Rp.2.212.000

2. Biaya operasional

  1.  Pembelian gerobak bakso  1 buah @ Rp.1.500.000      = Rp.1.500.000
  2.  Pembelian  kursi pelasik    15 buah @ Rp.25.000          = Rp.   375.000
  3. Pembelian meja kayu panjang 3 buah @ Rp.150.000    = Rp.   450.000
  4. Pembelian mangkuk            24 buah @ Rp.15.000          = Rp.   360.000
  5. Pembelian tesi                      24 buah @ Rp.1.500            = Rp.     36.000
  6. pembelian garfu                   24 buah @ Rp.1.500               = Rp.     36.000
  7. Pembelian terpal                  2 buah @ Rp.100.000          = Rp.   200.000
  8. Pembelian daging ayam      50 kg @ Rp.50.000             = Rp.2.500.000
  9. Pembelian sayuran,          1 hari @ Rp.1.000.000            = Rp.1.000.000 +

Bihun ,dan bahan- bahan                                                                       Rp. 6.457.000

Pelengkap Untuk bakso.

3. Biaya Riset Pasar

  1.  pembuatan kuesioner 400 lembar @ Rp.500                 =  Rp.200.000
  2.  penghitungan data                                                                =  Rp.200.000 +

Rp.400.000

4.Biaya ATK

  • Pembelian buku pembukuan 3buah@ Rp.10.000                   =  Rp. 30.000
  • pembelian pulpen 2 buah@ Rp.2.500                                       =  Rp.   5.000
  • Pembelian Flask Disk 2 giga merek kingstone                        =  Rp.100.000  +

Rp.135.000

Rekapitulasi Biaya

1.Biaya pemasaran (promosi)                                            Rp. 2.212.000

2.Biaya operational                                                            Rp. 6.457.000

3.Biaya Riset Pasar                                                             Rp.    400.000

4.Biaya ATK                                                                         Rp.    135.000 +

Total pengeluaran                                                                Rp. 9.204.000

ANALISIS KELAYAKAN USAHA “BAKSO AYAM AMC”

 

Asumsi awal USAHABAKSO AYAM AMC

Pembeli / pengunjung

Jumlah pasar x keuntungan = keuntungan perhari

50 pembeli x Rp. 3.000 = Rp. 150.000

Keuntungan per Bulan

Keuntungan per hari x jumlah hari per bulan

Rp. 150.000 x 30 = Rp.4.500.000

Maka payBack period ( PBP) = Investasi                x 1 bulan

Keuntungan perbulan

= Rp. 9.204.000   x 1 bulan = 2 bulan

Rp. 4.500.000

Jika Asumsinya

Keuntungan yang diterima dari setiap orang Rp. 3.000

Maka jumlah pelanggan yang di butuhkan untuk mencapai Break Event Point :

Ket .

Break Event point ( jika pendapatan sama dengan modal ) Rp. 6.000.000

Rata- rata pembelian masyarakat Rp.7.000 / per orang

Maka BEP pelanggan =      Rp.9.204.000             =1.314  orang

Rp.7.000/orang

13) DAFTAR PUSTAKA

Justin G. Longenecker , Carlos W. Moore, J. William Petty. 2001.

Kewirausahaan ( Manajemen Usaha Kecil Buku I ). Jakarta: Salemba Empat.

Alma, Buchari . 2001 .kewirausahaan . Bandung : Alfa Beta

Suryana.2003. KEWIRAUSAHAAN: pedoman praktis , kiat dan proses menuju sukses . Penerbit SALEMBA EMPAT . Jakarta.

http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT

http://dp2m.dikti.go.id/data/panduan7/Buku%20II%20Edisi%20VII%20PKM.pdf